Sunday, July 6, 2014

Puas Belanja di Orchard Road Singapore

Orchard Road Singapore adalah sebuah jalan yang menjadi pusat retail dan hiburan di Singaopre. Jalan yang memiliki arti jalan kebun buah ini merupakan tempat yang sangat menarik bagi wisatawan. Perdana Menteri Lee Hsien Loong dalam pidatonya di tahun 2005 mengatakan, ia akan mendirikan lebih banyak bangunan landmark untuk menarik lebih banyak wisatawan.



Pengembangan Orchard Road di tahun 2009 lalu telah menghabiskan dana hingga 40 juta dolar Singapore untuk menambah lampu jalan, kotak tanaman, ruang hijau, pelapisan tempat pejalan kaki dan tempat bunga. Orchard Road sendiri merupakan jalan satu arah yang dimulai dari persimpangan Jalan Orange Grove, kemudian mengarah ke tenggara melintasi Jalan Scotts/simpang Paterson Hill, Stasiun MRT Orchard, Jalan Bideford, Stasiun MRT Somerset, Central Expressway, Stasiun MRT Dhoby Ghaut dan berakhir pada simpang Jalan Handy (sebelum Jalan Prinsep), Berlanjut ke Jalan Bras Basah. Di Jalan Orchard juga terdapat banyak jalan bawah tanah termasuk penyeberangan bawah tanah yang berada di antara pusat-pusat perbelanjaan.

Orchard Road


Di Orchard Road Singapore juga banyak terdapat rumah makan, kedai kopi, kafe, tempat hiburan malam dan hotel. Di jalan ini juga terdapat istana yang merupakan tempat tinggal resmi Presiden Singapura.
Terdapat tiga stasiun MRT di sepanjang Jalan Orchard, antara lain Orchard, Somerset dan Dhoby Ghaut. Ketiga stasiun ini sangat penting untuk transportasi para komuter, penduduk lokal, pelajar dan wisatawan yang ingin berkunjung ke pusat perbelanjaan di Jalan Orchard dan pusat bisnis di sekitarnya.

Mungkin tempat paling bergengsi di Jalan Orchard adalah Istana presiden yang berada di ujung tenggara jalan ini. Pohon palem Nibong akan menyambut anda di pintu masuknya dengan penanda Nibong sebagai pohon palem bakau, maka di Jalan Orchard pernah terdapat rawa-rawa hutan bakau. Jika informasi ini benar maka Jalan Orchard dulunya pernah suatu ketika merupakan rawa berlumpur dan pohon palem ini adalah pohon asli di lingkungan tersebut yang masih bertahan hingga saat ini.

Di bagian utara Orchard Road terdapat Taman Botani. Sepanjang Jalan Scotts terdapat Hotel Goodwood Park, yang merupakan sebuah contoh arsitektur kolonial dan kini menjadi monumen bersejarah. Empat tahun lalu Jalanan yang sudah sangat populer ini sempat diterjang banjir bandang setelah hujan dengan intensitas 100milimeter turun sejak pukul 8 hingga 11 pagi, dilaporkan banjir ini adalah terparah sejak 1984. Beberapa pusat belanja seperti Lucky Plaza dan Liat Towers pun terkena dampak banjir. Banjir mengakibatkan pusat belanja dan parkir bawah tanah terendam. Regu penyelamat setidaknya menolong 70 orang dari mobil dan bis yang terjebak banjir, saat itu Jalan Orchard yang menjadi pusat belanja wisatawan menjadi macet total dan tidak bisa dilewati. 

Untunglah tidak ada korban pada saat itu. Perencanaan arsitektur dan sipil yang baik untuk gedung-gedung yang memiliki pusat belanja bawah tanah yang baru dibangun tidak terpengaruh oleh banjir ini. Jalan penyeberangan bawah tanah antara Ion Orchard dan Tang Plaza tidak terendam banjir. Pusat belanja bawah tanah Ion Orchard dan Stasiun MRT Orchard yang terletak di bawahnya juga terhindar dari banjir.

Hotel Murah di Singapore di Kawasan Orchard Road Singapore

Mencari hotel murah di Singapore yang berada di kawasan Orchard bukanlah hal sulit. Ada banyak pilihan, satu di antaranya adalah Fernloft. Dengan lokasi nyaman di Chinatown yang ramai di Singapura, Fernloft Chinatown Hostel berjarak 3 menit jalan kaki dari berbagai tempat wisata populer seperti Buddha Tooth Relic Temple dan Museum serta Masjid Jamae. Hotel murah di Singapore ini menawarkan stasiun-stasiun komputer dengan Wi-Fi gratis dan sambungan telepon lokal gratis.

Hotel Murah di dekat Orchard Road Singapore


Fernloft, Chinatown berjarak 5 menit jalan kaki dari Stasiun MRT Chinatown dan Stasiun MRT Outram Park. Hotel murah di Singapore ini terletak di dekat berbagai toko, pub lokal, dan beberapa restoran. Hostel menyediakan kamar-kamar asrama yang nyaman dilengkapi dengan kipas angin dan AC. Semua fasilitas kamar mandinya digunakan bersama. Anda dapat bersantai di lounge umum yang dilengkapi dengan TV LCD. Fasilitas lainnya yang disediakan hotel murah di Singapore ini antara lain papan setrika dan loker. Layanan binatu dan dry cleaning juga tersedia dengan dikenakan biaya. Meja layanan wisata di hostel ini dapat membantu Anda merencanakan kunjungan ke berbagai tempat wisata. Soal tarif pun benar-benar bersahabat, per malamnya hostel ini menawarkan tarif mulai dari Rp 220 ribuan.

Kamar Hotel Fernloft

No comments:

Post a Comment